Thursday, June 28, 2018

Menguak Layar Bisnis Selebgram dan Keuntungannya

Mengulas bisnis selebgram dan keuntungannya memang selalu menjadi hal yang menarik. Menjadi selebgram atau seleb yang aktif namun hanya sebatas di sosial media, bukan di layar kaca. Terkenal di sosial media biasanya memiliki follower atau pengikut yang setia menunggu postingan atau kiriman yang dibagikan.

Selebgram umumnya ditemukan sebagai pengguna sosial media bernama Instagram. Dengan pengikut yang banyak. Menjadi selebgram bisa menjadi salah satu ladang bisnis yang menguntungkan. Bisnis selebgram meningkat drastis sejak tahu 2014 karena tren yang berubah dan selalu diminati banyak orang, terutama anak muda. Untuk kategori selebgram sendiri biasanya disebutkan bagi mereka yang memiliki pengikut lebih dari 25.000 orang.

Sebenarnya, seperti apa bisnis selebgram itu? Berikut ini ulasannya mengenai dibalik bisnis yang bisa dioperasikan dari rumah dan hanya bermodal ponsel serta koneksi internet.

bisnis selebgram
Apa itu selebgram


Memahami bisnis selebgram dan keuntungannya


Bisnis selebgram dilakukan oleh selebgram itu sendiri dan jenisnya beragam. Contoh bisnisnya bisa dimulai dengan berjualan serta endorse. Endorse merupakan bisnis yang paling banyak ditemuk dalam kasus bisnis didunia maya.

Apa itu endorse? Endorse merupakan promosi suatu barang oleh selebgram yang dilakukan karena permintaan dari produsen tertentu. Untuk satu kali promosi yang mampu menarik puluhan ribu hingga ratusan ribu pengguna social media, maka selebgram akan dibayar dengan nominal tertentu oleh pihak yang mengendorse. Nominal yang ditawarkan beragam bergantung pada beberapa faktor.

Dengan sistem endorse begini, bisnis dengan selebgram ini lebih terlihat cenderung menguntungkan bagi selebgram. Namun sebenarnya, hal tersebut saling menguntungkan.


Bagaimana menjalankan bisnis ini agar menguntungkan?


Bisnis selebgram dan keuntungannya dipengaruhi oleh kedua belah pihak. Selebgram tidak bisa dengan sesuka hati menyajikan kiriman, baik kiriman endorse maupun kiriman biasa. Konsistensi untuk menyajikan konten positif dan menarik membuat peminat atau follower semakin banyak.

Banyaknya follower tidak hanya menguntungkan selebgram secara material dan juga ketenaran nama. Namun hal itu akan menguntungkan pihak yang mengajukan endorse. Semakin banyak followers, otomatis itu berarti bahwa jangkauan produk yang dipromosikan lebih luas. Semakin banyak pengikut, itu berarti jangkauan promosi semakin luas yang berarti kemungkinan peningkatan penjualan produk akan meningkat.

bisnis selebgram
Menguak layar bisnis selebgram

Jadi, bisnis selebgram dan keuntungannya dipengaruhi oleh banyak faktor yang tidak bisa lepas dari kedua belah pihak yang melakukannya. Endorse selebgram merupakan bisnis yang paling mudah untuk promosi bagi produsen. Hal ini karena banyak selebgram menjadi idola dan memiliki pengikut yang dapat ditentukan sebagai target konsumen atau bukan. selain itu, promosi melalui selebgram jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi di layar kaca.

Nah, tentu saja bisnis selebgram dan keuntungannya ini tidak hanya sekedar tren, namun juga merupakan salah satu bentuk perputaran keuangan yang menguntungkan. Secara tidak langsung, hal ini mendukung perekonomian banyak pihak. Bagi produsen kecil-kecilan, tentu promosi ini bisa membuat nama produknya terkenal. Dengan demikian, usahanya bisa berkembang dengan baik.

Bagi selebgram itu sendiri, dengan menyetujui endorse maka pundi-pundi rupiah akan mengalir. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin menjadi selebgram karena bisnis yang sudah pasti menguntungkan. tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk membuat konten dan mengirimnya sedemikian rupa agar menarik banyak orang untuk mengikutinya. Semakin banyak pengikut, kesempatan dilirik untuk endorse semakin besar.

Namun perlu diketahui bahwa dibalik layar bisnis selebgram dan keuntungannya, ada pula beberapa hal yang harus dipahami. Sebelum melakukan persetujuan endorse, ada persetujuan dan negosiasi harga serta ketentuan tertentu. Selebgram harus memilih untuk menyetujui atau tidak. Jika disetujui, kedua belah pihak melakukan kewajibannya masing-masing.

Sebagai pihak yang diendorse, selebgram harus membuat konten semenarik mungkin atau sesuai dengan permintaan rekan bisnis tersebut. Dibalik keuntungan yang sering dilihat atau didengar, ternyata ada usaha dan kerja keras sedemikian rupa agar bisnis menjadi lancar.

Bagi selebgram, setiap konten yang dibagikan terhadap pengikutnya serta publik dinilai bisa mempengaruhi bisnis ke depannya. Semakin bagus dan menarik, maka bisnis selebgram dan keuntungannya juga akan berjalan semakin baik secara material dan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Trending