Thursday, June 28, 2018

Keuntungan Menggunakan Endorsement Instagram Dalam Bisnis

Endorsement Instagram dalam bisnis kini menjadi sebuah metode yang banyak diminati untuk promosi produk maupun jasa tertentu. Tujuan endorse adalah mengenalkan produk atau jasa secara luas. Meskipun akun bukan personal bisa saja dipilih, namun akun selebgram lebih banyak diminati untuk endorse produk. Selebgram kini banyak dipilih untuk melakukan endorse karena beberapa hal.

Yang pertama adalah selebgram memiliki pengikut atau follower yang berasal dari berbagai daerah. Pihak produsen juga bisa memastikan target promosi melalui selebgram. Sebagai contoh adalah target konsumennya anak muda, maka akan bekerja sama dengan selebgram muda. Untuk selebgram muda, biasanya pengikutnya juga merupakan anak muda sehingga bidikan pemasarannya tepat.

Alasan selanjutnya adalah mudah untuk melakukan kerjasama dengan selebgram karena mayoritas bersifat personal. Yang terakhir adalah selebgram dipilih karena banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis tersebut.


Bisnis selebgram

Apa saja keuntungan yang akan didapatkan? Berikut ini informasinya. 

5 keuntungan endorsement Instagram dalam bisnis


Seperti disebutkan di atas, pelaku bisnis yang memanfaatkan endorse Instagram akan memperoleh keuntungan. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang akan didapat oleh pelaku bisnis.

1.      Biaya yang lebih murah

Keuntungan endorsement Instagram dalam bisnis yang pertama adalah biaya yang lebih murah. Perlu diketahui bahwa promosi dengan mengandalkan selebgram tidak semahal jika melakukan promosi melalui layar kaca.

Dengan biayanya yang murah, maka biaya marketing bisa diminimalisir sehingga menguntungkan produsen. Dengan satu keuntungan karena biayanya yang lebih murah saja, maka produsen sudah mendapatkan keuntungan dalam berbagai hal lain.

2.      Promosi yang efektif

Di Indonesia, pengguna Instagram mencapai angka lebih dari 20 juta dan untuk konten positif selebgram biasanya akan ditampilkan oleh Instagram secara tidak langsung. Minat untuk mencari tahu mengenai produk tertentu hingga online shop masyarakat Indonesia juga masih sangat tinggi.

Dengan demikian, endorsement Instagram dalam bisnis dinilai sangat efektif untuk melakukan promosi. Selain akan dilihat follower, nantinya juga akan terlihat oleh pengguna lain yang memiliki relasi baik dengan follower maupun konten yang mirip. Lagi pula, selebgram memiliki pengikut yang berasal dari berbagai daerah sehingga dinilai menjangkau target dengan efektif.

3.      Penjualan yang meningkat

Tujuan utama dari endorsement Instagram dalam bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan melakukan promosi melalui selebgram atau laman Instagram lain yang memiliki pengikut banyak, maka penjualan akan meningkat.

Bagaimanapun juga, melakukan endorse pasti memilih selebgram atau akun Instagram yang akan diajak kerjasama. Pilihannya biasanya berdasarkan banyaknya pengikut. Dengan memiliki puluhan ribu lebih pengikut, maka promosi akan mampu membuat produk dilihat banyak ribuan orang. Hasilnya, produk dalam bisnis Anda menuai keuntungan karena penjualan yang meningkat.

4.      Produk menjadi mudah dikenal masyarakat

Keuntungan endorsement Instagram dalam bisnis yang keempat berhubungan dengan keuntungan sebelumnya. Banyaknya pengikut setia akun Instagram yang diajak kerja sama endorse tidak hanya membuat penjualan meningkat, namun nama produk juga akan dikenal banyak orang.

Artis Selebgram


Biasanya, orang-orang yang melihat konten endorse akan penasaran terhadap produk-produk yang ditawarkan. Karena melalui Instagram, pengguna mungkin akan terlebih dahulu mengikuti sebelum benar-benar membelinya. Hal ini juga bisa sebagai referensi mereka ke depannya. Dengan bertambahnya pengikut di akun produsen, maka ke depannya akan lebih mudah dalam memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan.

5.      Kredibilitas

Salah satu yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang ketika melakukan endorsement adalah mengenai kredibilitas. Kredibilitas sangat penting bahkan untuk produk yang telah memasuki pasar internasional serta berdiri sudah lama. 

Dengan melakukan endorsement, kredibilitas perusahaan atau produk tertentu akan meningkat. Kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut juga akan meningkat sehingga menguntungkan dalam jangka panjang. Terlebih jika brand tersebut memilih selebgram dengan reputasi baik di masyarakat juga memiliki prestasi. Tentu akan sangat menguntungkan.


Pada intinya, kerja sama endorsement dengan pengguna Instagram yang telah memiliki pengikut dalam jumlah yang sangat banyak sangat menguntungkan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya konten endorsement menarik yang bisa dijumpai sehari-hari ketika menggunakan Instagram.
Pelaku bisnis yang ingin memasarkan produk dengan cara yang efektif bisa mencoba untuk promosi dengan cara endorse. Endorsement Instagram dalam bisnis juga sangat mudah dilakukan, namun perlu selektif memilih pihak untuk diajak kerja sama.

No comments:

Post a Comment

Trending