Endorsement Instagram dalam bisnis kini menjadi sebuah metode yang banyak diminati untuk
promosi produk maupun jasa tertentu. Tujuan endorse adalah mengenalkan produk atau jasa secara luas. Meskipun akun bukan
personal bisa saja dipilih, namun akun selebgram lebih banyak diminati untuk
endorse produk. Selebgram kini banyak dipilih untuk melakukan endorse karena
beberapa hal.
Yang pertama adalah selebgram memiliki pengikut atau
follower yang berasal dari berbagai daerah. Pihak produsen juga bisa memastikan
target promosi melalui selebgram. Sebagai contoh adalah target konsumennya anak
muda, maka akan bekerja sama dengan selebgram muda. Untuk selebgram muda, biasanya
pengikutnya juga merupakan anak muda sehingga bidikan pemasarannya tepat.
Alasan selanjutnya adalah mudah untuk melakukan
kerjasama dengan selebgram karena mayoritas bersifat personal. Yang terakhir
adalah selebgram dipilih karena banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh
pelaku bisnis tersebut.
![]() |
| Bisnis selebgram |
Apa saja keuntungan yang akan didapatkan? Berikut ini informasinya.
5 keuntungan endorsement Instagram dalam bisnis
Seperti disebutkan di atas, pelaku bisnis yang
memanfaatkan endorse Instagram akan memperoleh keuntungan. Berikut ini
keuntungan-keuntungan yang akan didapat oleh pelaku bisnis.
1. Biaya yang
lebih murah
Keuntungan endorsement
Instagram dalam bisnis yang pertama adalah biaya yang lebih murah. Perlu
diketahui bahwa promosi dengan mengandalkan selebgram tidak semahal jika
melakukan promosi melalui layar kaca.
Dengan biayanya yang murah, maka biaya marketing bisa
diminimalisir sehingga menguntungkan produsen. Dengan satu keuntungan karena biayanya
yang lebih murah saja, maka produsen sudah mendapatkan keuntungan dalam
berbagai hal lain.
2. Promosi yang
efektif
Di Indonesia, pengguna Instagram mencapai angka lebih
dari 20 juta dan untuk konten positif selebgram biasanya akan ditampilkan oleh
Instagram secara tidak langsung. Minat untuk mencari tahu mengenai produk
tertentu hingga online shop masyarakat Indonesia juga masih sangat tinggi.
Dengan demikian, endorsement
Instagram dalam bisnis dinilai sangat efektif untuk melakukan promosi.
Selain akan dilihat follower, nantinya juga akan terlihat oleh pengguna lain
yang memiliki relasi baik dengan follower maupun konten yang mirip. Lagi pula,
selebgram memiliki pengikut yang berasal dari berbagai daerah sehingga dinilai
menjangkau target dengan efektif.
3. Penjualan
yang meningkat
Tujuan utama dari endorsement
Instagram dalam bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan produk.
Dengan melakukan promosi melalui selebgram atau laman Instagram lain yang
memiliki pengikut banyak, maka penjualan akan meningkat.
Bagaimanapun juga, melakukan endorse pasti memilih
selebgram atau akun Instagram yang akan diajak kerjasama. Pilihannya biasanya
berdasarkan banyaknya pengikut. Dengan memiliki puluhan ribu lebih pengikut, maka
promosi akan mampu membuat produk dilihat banyak ribuan orang. Hasilnya, produk
dalam bisnis Anda menuai keuntungan karena penjualan yang meningkat.
4. Produk
menjadi mudah dikenal masyarakat
Keuntungan endorsement
Instagram dalam bisnis yang keempat berhubungan dengan keuntungan
sebelumnya. Banyaknya pengikut setia akun Instagram yang diajak kerja sama endorse
tidak hanya membuat penjualan meningkat, namun nama produk juga akan dikenal
banyak orang.
| Artis Selebgram |
Biasanya, orang-orang yang melihat konten endorse akan
penasaran terhadap produk-produk yang ditawarkan. Karena melalui Instagram,
pengguna mungkin akan terlebih dahulu mengikuti sebelum benar-benar membelinya.
Hal ini juga bisa sebagai referensi mereka ke depannya. Dengan bertambahnya pengikut di akun
produsen, maka ke depannya
akan lebih mudah dalam memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan.
5. Kredibilitas
Salah satu yang tidak banyak diketahui oleh banyak
orang ketika melakukan endorsement adalah mengenai kredibilitas. Kredibilitas sangat
penting bahkan untuk produk yang telah memasuki pasar internasional serta
berdiri sudah lama.
Pada intinya, kerja sama endorsement dengan pengguna
Instagram yang telah memiliki pengikut dalam jumlah yang sangat banyak sangat
menguntungkan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya konten endorsement menarik
yang bisa dijumpai sehari-hari ketika menggunakan Instagram.
Pelaku bisnis yang ingin memasarkan produk
dengan cara yang efektif bisa mencoba untuk promosi dengan cara endorse. Endorsement Instagram dalam bisnis juga sangat
mudah dilakukan, namun perlu selektif memilih pihak untuk diajak kerja sama.

No comments:
Post a Comment